Home / Kisah Berharga / Akibat dari Perbuatan Sombong

Akibat dari Perbuatan Sombong

Akibat dari Perbuatan Sombong

JANGAN PONGAH SEPERTI TENTARA BERGAJAH

Kira-kira empat belas abad silam, tentara bergajah itu pongah. Mereka kira tidak ada yang bisa mengalahkan kekuatan mereka. Betapa tidak! Pasukan pilih tanding, gajah kuat perkasa, dan logistik yang memadai mereka miliki untuk melancarkan misi. Ka’bah, rumah Allah yang hendak mereka hancurkan tinggal tak jauh jaraknya. Tak ada pasukan manusia yang berani menghalangi mereka.

Namun mereka lupa, bahwa Allah Ta’ala, pemilik langit dan bumi, Maha Mampu untuk melindungi Rumah-Nya. Allah kirimkan burung berbondong-bondong, membawa batu membara dari neraka. Pasukan yang pongah itu luluh lantak. Yang tersisa pun tunggang langgang tak melihat belakang. Abrahah, Sang Komandan, akhirnya tewas mengenaskan sekembalinya ke kampung halaman.

Ini bukan cerita kosong! Lihatlah akibat dari perbuatan sombong! Ambillah pelajaran dari kepongahan mereka!

Jangan! Jangan ikuti jejak mereka! Jangan merasa bahwa teknologi sudah maju, ilmu pengetahuan telah modern, prediksi bencana telah akurat, kemudian membuat kita menjadi sombong!

Jangan merasa karena alat telah canggih, lalu kita merasa aman, terlena dalam kemaksiatan dan meyakini bahwa azab tak akan terjadi!

Baca Juga: Kisah Si Pencela Sahabat Nabi

Jangan sombong!

Kita ini lemah. Mengangkat tangan saja tidak bisa, tanpa kemudahan dari Allah.
Melangkahkan kaki saja tidak mungkin, tanpa kehendak Allah. Bernafas saja tidak mampu, tanpa pertolongan Allah. Cobalah lihat mereka yang terkulai tak berdaya, padahal sebelumnya sehat wal afiat, tak mampu melakukan itu semua.

Baca Juga: Islam adalah Al Istislam

Jangan pongah!

Kita ini lemah! Organ dalam diri kita saja, tidak kita kuasai, bahkan tidak kita sadari gerakan dan fungsinya. Apa yang kita sombongkan?!

Maka, tak ada yang bisa melindungi kita kecuali Allah. Mari kita kembali kepada Allah. Mari bertobat kepada Allah. Akui lemahnya diri ini. Sandarkan diri kepada Zat Yang Maha Menguasai langit dan bumi, Maha Mampu terhadap segala sesuatu.

Mintalah segala permohonan kepada-Nya karena tak ada yang sulit bagi-Nya.

Baca Juga

Mencela Diri di Depan Orang Lain

Mencela Diri di Depan Orang Lain Termasuk Riya’

BUKAN HAL TERPUJI MENCELA DIRI DI DEPAN ORANG LAIN 🗒 Al Hafizh Ibnu Rajab Al …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *