oleh

Doa Menolak Thiyarah

Lafazh dan Arti

اللَّهُمَّ لاَ طَيْرَ إِلاَّ طَيْرُكَ وَلاَ خَيْرَ إِلاَّ خَيْرُكَ وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ

Allahumma laa thaira illa thairuka wa laa khaira illa khairuka wa laa ilaha ghairuka

Ya Allah, tidak ada thiyarah kecuali thiyarah-Mu. Tidak ada kebaikan selain kebaikan-Mu. Tidak ada sesembahan yang benar melainkan Engkau.

Download Audio di Sini

Takhrij Doa Menolak Thiyarah

HR. Imam Ahmad dalam musnad no. 7045 , Imam Ath Thabraani dalam al mu’jam al kabiir no. 38, shahih.

Penjelasan Doa Menolak Thiyarah

Thiyarah artinya anggapan sial karena satu hal yang didengar, dilihat atau diketahui. Awal penggunaan istilah ini pada orang yang menimbang untung ruginya sebuah perbuatan dengan seekor burung. Kalau burung terbang ke kiri atau melihat burung hantu, gagak atau yang lainnya, maka dianggap sial, sehingga ia tidak jadi melanjutkan rencananya. Perbuatan ini biasa dilakukan sebagian orang jahiliyah -sebelum Islam datang-.

Di sini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menuntunkan kita berdoa dengan doa ini. Terkandung makna di dalamnya, bahwa Engkau ya Allah di tangan-Mu kebaikan secara langsung, seperti hujan, tumbuh-tumbuhan, atau yang tidak langsung seperti sebab-sebab yang datangnya dari sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala melalui makhluk-Nya. Contohnya seseorang memberimu harta atau hadiah dan sebagainya. Ini adalah kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala akan tetapi melalui perantara yang Allah Subhanahu wa Ta’ala jadikan sebagai sebab. Yang jelas semua kebaikan itu dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dari doa ini tampak larangan menggagalkan sebuah keperluan/rencana karena seekor burung atau sesuatu yang dia lihat atau yang dia dengar. Seharusnya ia bertawakkal kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Thiyarah adalah bagian dari kesyirikan. Ke-Esa-an Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan sifat uluhiyah (yang diibadahi, tempat bersandar dan bergantung) sebagaimana Dia Maha Esa dalam Mencipta dan Mengatur.

Bahwa thiyarah di masa ini tidak terbatas terhadap burung saja. Terkadang dengan angka tertentu, hari tertentu, tanggal tertentu dan sebagainya.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kita kemudahan untuk beramal dengan doa ini dan menyelamatkan kaum muslimin dari perbuatan thiyarah. HFZ-AAW

2

join chanel telegram islamhariini 2

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait