oleh

Bagaimana Ciri-ciri Dajjal?

Ciri-ciri Dajjal – Salah satu prinsip yang harus selalu dipegang oleh seorang muslim adalah mengimani dan membenarkan semua berita yang datang dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Baik berita tersebut dalam jangkauan akal kita atau di luar jangkauan akal kita. Baik berita yang sudah terjadi atau belum terjadi. Karena tidaklah yang keluar dari lisan beliau kecuali itu adalah wahyu. Allah berfirman :

وَمَا يَنطِقُ عَنِ ٱلْهَوَىٰٓ ۝٣

إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْىٌۭ يُوحَىٰ ۝٤

“Tidaklah dia berbicara dengan hawa nafsunya. Ucapannya itu tidak lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” [An Najm: 3-4]

Baca Juga: Berita Dari Rasulullah Bukan Ramalan

Berita Akan Munculnya Dajjal

Diantara berita yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sampaikan kepada umatnya yaitu tentang akan munculnya Dajjal di akhir zaman. Beliau memperingatkan umatnya untuk berhati-hati dari dahsyatnya fitnah Dajjal. Begitu dahsyatnya fitnah ini, nabi-nabi sebelum beliau juga memperingatkan umat-umat mereka dari fitnah Dajjal.

إِنَّهُ لَمْ يَكُنْ نَبِيٌّ بَعْدَ نُوحٍ إِلا وَقَدِ أنْذَرَ الدَّجَّالَ قَوْمَهُ، وَإِنِّي أُنْذِرُكُمُوهُ

“Tidak ada nabi setelah nabi Nuh kecuali mereka telah memperingatkan umatnya dari Dajjal. Dan sungguh aku peringatkan kalian darinya.” [HR. Ahmad, Abu Dawud, At- Tirmidzi]

Di dalam hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menyebutkan ciri-ciri Dajjal. Hal ini agar umatnya tidak tertipu dan terkecoh dengan berbagai tipu daya Dajjal. Puncak dari kebohongannya adalah dia mengaku bahwa dirinya adalah tuhan.

Ciri-ciri Dajjal

Ciri-ciri Dajjal telah dikabarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para sahabat. Dajjal adalah seorang laki-laki biasa, bertubuh pendek, kedua betisnya merenggang, dan berambut keriting. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِنَّ مَسِيحَ الدَّجَّالِ رَجُلٌ قَصِيرٌ، أَفْحَجُ ، جَعْدٌ

Sesungguhnya Al-Masih Dajjal adalah laki-laki yang pendek, berkaki bengkok, berambut keriting. [HR. Abu Dawud]

Dintara ciri-ciri Dajjal yang lain adalah: bertubuh besar kekar, berkulit kemerahan, mata kanannya buta dan mirip buah anggur yang sudah lunak. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

بَيْنَا أَنَا نَائِمٌ أَطُوفُ بِالكَعْبَةِ، فَإِذَا رَجُلٌ جَسِيمٌ أَحْمَرُ جَعْدُ الرَّأْسِ أَعْوَرُ العَيْنِ، كَأَنَّ عَيْنَهُ عِنَبَةٌ طَافِيَةٌ

“Saat aku tidur, aku bermimpi thawaf di ka’bah… (kemudian beliau bersabda) Dajjal adalah seorang yang fisiknya besar, kulitnya kemerahan, rambutnya keriting, matanya buta sebelah (kanan), seperti buah anggur yang lunak”. [HR. Bukhari]

Bahkan ciri-ciri Dajjal yang khas terdapat pada matanya. Di antara kedua matanya tertulis (ك ف ر) atau dalam riwayat lain (كَافِرٌ). Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

«الدَّجَّالُ مَكْتُوبٌ بَيْنَ عَيْنَيْهِ ك ف ر أَيْ كَافِرٌ»

“Dajjal di antara kedua matanya tertulis huruf (ك ف ر) atau (كَافِرٌ)”. [HR. Muslim]

Tulisan ini (ك ف ر) hanya bisa dibaca oleh orang-orang mukmin. Sedangkan orang-orang kafir tidak akan mampu membacanya.

Hadits-hadits di atas menunjukan kasih sayang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada umatnya. Beliau menjelaskan ciri-ciri Dajjal agar umatnya berhati-hati terhadap fitnah yang sangat besar ini. Kita memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar diselamatkan dari fitnah Dajjal. Amin. Wallahu a’lam. FI.

join chanel telegram islamhariini 2

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 comments

  1. ‘Afwan, menurut ana kata-kata di paragraf 1 di atas di atas (“..mengimani dan membenarkan semua berita yang shahih (benar) yang datang dari lisan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.”), di rubah menjadi (“..mengimani dan membenarkan semua berita yang datang dari lisan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.”)

Artikel Terkait