oleh

Video: Doa Istiftah Pertama

Doa istiftah (atau iftitah) adalah doa yang dipanjatkan ketika hendak memulai bacaan shalat (sebelum al-Fatihah). Istiftah artinya pembuka, doa ini dipanjatkan sebagai pembuka bacaan shalat.

Ada berbagai macam doa istiftah yang diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Doa-doa tersebut beliau baca secara bergantian dalam berbagai kesempatan shalat. Sebagiannya beliau baca di saat shalat malam atau shalat fardhu.

 

 

اَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ، اَللَّهُمَّ نَقِّنِيْ مِنْ خَطَايَايَ، كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اَللَّهُمَّ اغْسِلْنِيْ مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ.

Artinya: “Ya Allah, jauhkan antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dan kesalahan- kesalahanku, sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, sucikanlah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, salju, dan butiran es.”[1]

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca doa ini pada shalat fardhu. Ini adalah doa istiftah yang paling sahih dari sisi riwayat. [2]


[1] HR. al-Bukhari no. 744 dan Muslim no. 598 di dalam shahih keduanya, dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu

[2] Lihat Ashlu Sifah Shalat an-Nabi (1/240), karya asy-Syaikh al-Allamah al-Muhaddits Muhammad Nashirudin al-Albani rahimahullah (w. 1420)

join chanel telegram islamhariini 2

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait