oleh

Inilah Obat Wabah Menurut Imam Syafi’i

-Fiqih-1.381 views

Sejak jauh-jauh hari Imam Syafi’i rahimahullah sudah berbicara tentang obat wabah pandemi yang menimpa dunia hari ini. Tidak secara langsung tentunya. Sebab, beliau hidup sekitar 1300 tahun yang lalu.

Namun, obat yang dimaksud adalah obat untuk meringankan wabah penyakit (pandemi) secara umum. Sehingga termasuk pandemi Covid-19, insyaallah.

Ingin tahu obat wabah Covid-19 menurut Imam Syafi’i? Simak ulasan berikut.

Tasbih, Obat Pereda Wabah

Dinukilkan oleh Imam Ibnu Hajar al-Asqalani rahimahullah dalam kitab Badzlu al-Ma’un fi Fadhli ath-Tha’un1, dari Imam Syafi’i rahimahullah, bahwa obat terbaik yang bisa menyembuhkan wabah penyakit adalah tasbih, yaitu ucapan “Subhanallah”.

Mengapa tasbih bisa menjadi obat wabah penyakit? Jawabannya, karena dzikir bisa menjadi sebab untuk terhindar atau selamat dari malapetaka dan bencana.

Hal ini sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala tentang Nabi Yunus ‘alaihis salam,

فَلَوْلَا أَنَّهُ كَانَ مِنَ الْمُسَبِّحِينَ (143) لَلَبِثَ فِي بَطْنِهِ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ

“Kalau bukan karena ia (Nabi Yunus) termasuk orang-orang yang gemar bertasbih, tentu ia akan tetap tinggal di perut ikan hingga hari kebangkitan (hari kiamat).” (ash-Shaffat: 143-144)

Pada ayat ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan bahwa Nabi Yunus ‘alaihis salam bisa keluar dari perut ikan karena ia banyak bertasbih ketika ditimpa musibah.

Bunga Banafsaj (Bunga Violet) Obat Wabah

Imam Ibnu Hajar rahimahullah juga menukilkan dari Imam Syafi’i, beliau mengatakan,

لَمْ أَرَ شَيْئًا أَنْفَعَ لِلْوَبَاءِ مِنْ البَنَفْسَجِ يُدْهَنُ بِهِ وَيُشْرَبُ

“Menurutku, tidak ada obat yang lebih bermanfaat untuk mengatasi wabah penyakit daripada bunga Banafsaj (Violet) yang dioleskan (minyak) atau diminum.”

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Ibnu Abi Hatim dan selainnya. Menurut Ibnu Hajar, riwayat inilah yang ma’ruf (dikenal) dari Imam Syafi’i.2

Banafsaj memiliki aroma yang harum, berkhasiat bagi orang yang suhu badannya tinggi. Aromanya bisa membuat tidur lebih berkualitas, serta berkhasiat menyembuhkan pilek dan sakit kepala.3

Peringatan

Ayat-ayat al-Quran dan dzikir-dzikir akan diperoleh manfaatnya bagi orang yang hatinya bersih dari kotoran dosa (maksiat atau kekufuran) dan ikhlas dalam bertaubat. Ia benar-benar menyesali atas tindakannya yang melanggar larangan Allah atau meremehkan perintah-Nya.

Namun, apabila sebab-sebab penyakit lebih kuat daripada sebab-sebab kesembuhan, seringnya obat-obat tersebut hilang khasiatnya.

Semoga Allah meneguhkan hati kita di atas agama-Nya, serta mengaruniakan kepada kita taubat nasuha. Juga semoga Allah memberi kita khusnul khatimah dengan karunia dan kemurahan-Nya.4

FAI-ALF


1 Disadur dari Badzlu al-Ma’un fi Fadhli ath-Tha’un (hlm. 170-171), cet Dar al-‘Ashimah, Riyadh.

2 Idem

3 Lihat kamus al-Muhith (hlm. 181).

البَنَفْسَجُ: م، شَمُّهُ رَطْباً يَنْفَعُ المَحْرورِينَ، وإدامَةُ شَمِّهِ يُنَوِّمُ نوْمَاً صالِحاً، ومُرَبَّاهُ يَنْفَعُ من ذاتِ الجَنْبِ وذاتِ الرِّئةِ، نافِعٌ لِلسُّعالِ والصّداعِ

4 Lihat Badzlu al-Ma’un fi Fadhli ath-Tha’un

join chanel telegram islamhariini 2

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait