oleh

Hukum Mengucapkan Dan Menjawab Salam Dari Non Muslim

Hukum Menjawab Salam dari Non Muslim – Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas tentang mengucapkan salam dan hukum menjawab salam. Lalu bagaimana hukum memberi salam kepada non muslim? Dan apa hukum menjawab salam darinya?

Dilarang Memberi Salam kepada non Muslim

Hukum memberi salam (mendahului dalam mengucapkan salam) kepada non muslim adalah dilarang. Berdasarkan sabda Rasullullah shalallahu ‘alaihi wasallam:

لَا تَبْدَءُوا الْيَهُودَ وَلَا النَّصَارَى بِالسَّلَامِ

“Janganlah kalian mendahului orang Yahudi dan Nasrani dengan salam.” (HR. Muslim dalam Shahihnya, No. 2167)

Cara Menjawab Salam dari Non Muslim

Apabila kita mendapati non muslim mengucapkan salam kepada kita dengan lafazh assalamu’alaikum, maka syariat memerintahkan kepada kita untuk menjawabnya. Sehingga hukum menjawab salam dari non muslim pun wajib. Berdasarkan keumuman firman Allah ta’ala yang telah kita sebutkan pada kesempatan sebelumnya:

وَإِذَا حُيِّيتُم بِتَحِيَّةٍۢ فَحَيُّوا۟ بِأَحْسَنَ مِنْهَآ أَوْ رُدُّوهَآ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ حَسِيبًا ۝٨٦


“Apabila kalian diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.” (An Nisa: 86)

Cara menjawab salam dari non muslim adalah berbeda dengan jawaban salam dari seorang muslim. Para ulama menyebutkan bahwa kita harus menjawab dengan sepadan, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Alasannya, apabila kita menjawab lebih dari itu, sama saja kita mendahului mereka dalam memberi salam. Dan apabila kurang, kita terjatuh dalam larangan ayat diatas. Maka jawablah dengan sepadan.

Contoh, apabila dia mengucapkan assalamu’alaikum, maka kita jawab wa’alaikumussalam. Tidak boleh kurang ataupun lebih, baik wa’alaikum saja maupun wa’alaikumussalam warahmatullah.

Jawaban ini berlaku untuk mereka yang mengucapkan salam dengan jelas seperti assalamu‘alaikum. Jika tidak jelas maka cukup dengan menjawab wa’alaikum. Karena perubahan atau penambahan serta pengurangan huruf pada lafazh assalamu’alaikum bisa merubah makna dan ini berbahaya. Bersambung. LQ.

join chanel telegram islamhariini 2

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait