oleh

Berilah Aku Nasehat Wahai Saudaraku

Salah satu hak seorang muslim atas muslim yang lainnya adalah memberi nasehat kepada siapa saja yang memintanya. Apabila kita memiliki sedikit kemampuan untuk memberi nasehat, maka jangan segan untuk menasihati siapa saja yang membutuhkan. Inilah akhlak yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam haditsnya:

وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ

“Apabila ada yang meminta nasehat kepadamu, maka berilah dia nasehat.” (H.R Muslim dalam shahihnya, no 2162, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Apa Itu Nasehat?

Nasehat adalah menunjukkan atau membimbing seseorang pada perkara yang lebih sempurna dan lebih baik. Di dalam hadits di atas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepada kita untuk menasehati seorang yang memintanya. Hal ini Menunjukan bahwa wajibnya perkara tersebut, karena perintah beliau hukum asalnya adalah wajib dikerjakan. Jadi kita wajib mengerjakannya semaksimal kemampuan kita.

Pembaca yang semoga dirahmati Allah Ta’ala, disana ada pula seseorang yang meminta nasehat dengan perilakunya. Bagaimanakah hal itu? Yakni dia tidak meminta nasehat dengan lisannya. Akan tetapi kita tahu dari perilaku dia bahwa dia sedang membutuhkan nasehat.

Berilah Aku Nasehat Wahai Saudaraku

Ketika ada teman kita akan melakukan sebuah perbuatan yang akan mencelakakan dirinya atau agamanya, dalam keadaan dia tidak menyadarinya dan dia senang apabila diingatkan. Maka secara tidak langsung dia meminta nasehat kepada kita. Di sinilah kesempatan kita untuk memberi nasehat.

Begitu juga jika ada teman kita yang sedang mengamalkan sebuah amalan baik. Namun di sana ada amalan yang lebih utama dari amalan yang sedang dia amalkan. Mungkin saja hal ini terjadi dikarenakan ia lupa atau belum tahu. Secara tidak langsung, memang dia butuh diingatkan. Nah, di saat itulah dia sedang meminta nasehat. Maka berilah ia nasehat. Demikian sedikit penjelasan tentang memberi nasehat. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. Berilah aku nasehat wahai saudaraku. LQ.

join chanel telegram islamhariini 2

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait