oleh

3 Pertanyaan di Alam Kubur

Setelah kematian menjemput seorang hamba dan jasad sudah berada di liang lahat. Maka apa yang akan dia hadapi?

Dalam hadits yang masyhur (terkenal), telah diterangkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai hal tersebut. Kami akan menggambarkan beberapa kisah mengenai hadits di tersebut dengan gaya bahasa yang telah diintisarikan sesuai dengan konteks pembahasan.

3 Pertanyaan di Alam Kubur

Para pembaca islamhariini.com yang kami hormati. Setelah kematian menjemput, seorang hamba akan menghadapi ujian yang sangat besar, yaitu pertanyaan dua malaikat Mungkar dan Nakir tentang tiga perkara:

  1. Siapa Rabbmu?
  2. Apa agamamu?
  3. Siapa nabimu?

Adapun orang mukmin, dia lulus dalam menjawab pertanyaan tersebut dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala, keutamaan serta rahmat-Nya.

فَيَقُولَانِ لَهُ: مَنْ رَبُّكَ؟ فَيَقُولُ: رَبِّيَ اللَّهُ، فَيَقُولَانِ لَهُ: مَا دِينُكَ؟ فَيَقُولُ: دِينِيَ الْإِسْلَامُ، فَيَقُولَانِ لَهُ: مَا هَذَا الرَّجُلُ الَّذِي بُعِثَ فِيكُمْ؟ فَيَقُولُ: هُوَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Ketika ditanyakan kepadanya: “Siapa Rabbmu?” Maka dia menjawab: “Rabbku adalah Allah”. Ketika disuguhkan pertanyaan kedua: “Apa Agamamu?.” Maka dia mejawab: “Agamaku Islam.” Kemudian ketika ditanyakan kepadanya: “Siapa lelaki yang telah diutus kepadamu?” Maka dia menjawab: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam”. ( HR. Imam Ahmad dalam Musnadnya no. 18534, dari sahabat yang mulia Al Barra’ Bin ‘Azib radiyallahu ‘anhu.)

Balasan Bagi yang Bisa Menjawab dengan Benar

Maka apa yang diperoleh orang yang bisa menjawab pertanyaan dua malaikat tersebut?

Para pembaca islahamriini.com yang kami hormati, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala masukkan dia dalam golongan orang yang jujur dan benar dalam menjawab pertanyaan dua malaikat, dibentangkan untuknya permadani dari surga, diluaskan kuburannya sejauh mata memandang, dan dia ditemani oleh amalannya yang baik yang berubah –dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala- menjadi sosok pemuda yang tampan wajahnya wangi aroma badannya dan indah pakaiannya. Dan pemuda tersebut berkata kepadanya: “bergembiralah atas kemudahan (dalam menjawab pertanyaan) yang telah diberikan kepadamu, inilah hari yang telah dijanjikan untukmu”.

Orang mukmin itupun balik bertanya: “siapa engkau? engkau datang dengan wajah yang membawa kebaikan”.
Maka pemuda itupun menjawab: “saya amalan baikmu (yang engkau kerjakan didunia)”.

Akhirnya orang mukmin itu berkata: “Wahai Raabku! Tegakkanlah hari kiamat sehingga aku bisa berkumpul dengan keluarga dan hartaku”. Adapun orang kafir dan orang yang ragu dalam agamanya, bagaimana keadaaan mereka dalam menjawab pertanyaan dua malaikat tersebut? Tunggu episode berikutnya. HFD

join chanel telegram islamhariini 2

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait