Zat Dalam Rokok Yang Dapat Menyebabkan Kecanduan

oleh

Zat Yang Terkandung Dalam Rokok Yang Dapat Menyebabkan Kecanduan adalah Nikotin.

Nikotin dalam rokok adalah zat kimia berbahaya dan sangat adiktif. Dalam rata-rata, sebatang rokok memberikan asupan 2 mg nikotin yang terserap dalam tubuh. Senyawa inilah yang membuat perokok mengalami ketergantungan terhadap rokok dan produk yang mengandung nikotin lainnya.

Ciri-ciri adiksi dan ketergantungan nikotin diantaranya adalah perubahan perilaku, penggunaan berlebihan, kembali ke kebiasaan merokok setelah berhenti, ketergantungan fisik dan psikologis, serta toleransi obat.

Selain ketergantungan, dalam jangka pendek dan jangka panjang, nikotin tidak dikategorikan berbahaya bagi orang dewasa. Walaupun demikian, dalam dosis yang sangat tinggi, nikotin dapat menyebabkan keracunan dan berpotensi mematikan. (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Nikotin)

Nikotin dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, denyut jantung, aliran darah ke jantung dan penyempitan pembuluh darah.

Nikotin juga berkontribusi terhadap pengerasan dinding arteri, yang pada gilirannya, juga menyebabkan serangan jantung.

Zat nikotin ini merupakan zat kimia yang dapat tinggal di tubuh Anda selama enam sampai delapan jam tergantung pada seberapa sering Anda merokok.

Masih banyak zat-zat lain yang terdapat dalam rokok yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selengkapnya bisa Anda baca pada: Kandungan Zat dalam Rokok dan Bahayanya