oleh

Hukum Memakan Penyu, Kuda Laut, Buaya dan Landak

Pertanyaan kedelapan dari fatwa no. 5394 

Pertanyaan:

Apakah hewan-hewan seperti penyu, kuda laut, buaya dan landak halal dimakan ataukah haram?

Jawaban:

Landak halal dimakan, berdasarkan keumuman ayat:

قُلْ لَا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَى طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلَّا أَنْ يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَسْفُوحًا أَوْ لَحْمَ خِنْزِيرٍ فَإِنَّهُ رِجْسٌ أَوْ فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ

“Katakanlah (wahai Nabi) tidaklah aku mendapati apa yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali bangkai, darah yang mengalir, daging babi -karena semua itu adalah kotor- atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah.” (al An’am: 145)

Secara asal hukum semua makanan adalah boleh, hingga jelas ada yang merubah hukum pembolehan tersebut. Adapun penyu, maka sejumlah ulama mengatakan boleh memakannya meskipun tanpa disembelih, berdasarkan keumuman perkataan Allah Ta’ala,

أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ

“Dihalalkan bagi kalian buruan laut dan memakannya.” (al-Maidah: 96)

Berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

هُوَ الطَّهُورُ مَاؤُهُ الْحِلُّ مَيْتَتُهُ

“(Laut itu) suci airnya, halal bangkainya.” (HR. at-Tirmidzi, an-Nasa’i, Abu Dawud dan yang selain mereka)

Akan tetapi yang lebih berhati-hati adalah dengan disembelih dalam rangka keluar dari perselisihan di antara para ulama.


Baca: Hukum Menghilangkan Cacat pada Anggota Tubuh


Adapun buaya maka ada yang berpendapat boleh dimakan sebagaimana halnya ikan, berdasarkan keumuman ayat dan hadits yang telah disebutkan. Adapula yang mengatakan tidak boleh dimakan, karena buaya termasuk hewan buas yang mempunyai taring. Pendapat yang kuat adalah pendapat pertama (boleh dimakan).

Adapun kuda laut maka boleh dimakan sebagaimana keumuman ayat dan hadits yang telah berlalu, dan tidak adanya hal yang memalingkan hukumnya. Kuda darat itu hukumnya halal secara dalil, lebih-lebih lagi kuda laut.

Hanya kepada Allah kita memohon taufik, semoga shalawat serta salam tercurah kepada Nabi kita, keluarga dan para sahabatnya.

[Referensi: Fatawa al-Lajnah ad-Daaimah lil Buhuts al-‘Ilmiyyah wal Ifta’] ~HN~AA/IMM

السؤال الثامن من الفتوى رقم (5394)

س 8: أيحل أكل الحيوانات الآتية: السلحفاة، فرس البحر، التمساح، القنفذ، أم هي حرام أكلها؟

ج 8: القنفذ حلال أكله؛ لعموم آية: {قُلْ لَا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَى طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلَّا أَنْ يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَسْفُوحًا أَوْ لَحْمَ خِنْزِيرٍ فَإِنَّهُ رِجْسٌ أَوْ فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ} ولأن الأصل الجواز حتى يثبت ما ينقل عنه. وأما السلحفاة فقال جماعة من العلماء: يجوز أكلها ولو لم تذبح؛ لعموم قوله تعالى: {أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ} وقول النبي صلى الله عليه وسلم في البحر: «هو الطهور ماؤه الحل ميتته » لكن الأحوط ذبحها خروجا من الخلاف. أما التمساح فقيل: يؤكل كالسمك؛ لعموم ما تقدم من الآية والحديث، وقيل: لا يؤكل؛ لكونه من ذوات الأنياب من السباع، والراجح الأول. وأما فرس البحر فيؤكل لما تقدم من عموم الآية والحديث، وعدم وجود المعارض، ولأن فرس البر حلال بالنص ففرس البحر أولى بالحل.

وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

 

 

join chanel telegram islamhariini 2

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait