oleh

Doa Setelah Wudhu

Doa Setelah Wudhu

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

Audio:

Download Audio klik di sini

Artinya

  1. “Aku bersaksi bahwasannya tiada yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah semata, dan aku bersaksi bahwasannya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.”(HR. Muslim di dalam shahihnya no. 234)
  2. “Ya Allah jadikanlah aku (termasuk) dari orang-orang yang banyak bertaubat dan jadikanlah aku (termasuk) orang-orang yang banyak bersuci.” (HR. Tirmidzi di dalam sunannya pada bab apa yang dibaca setelah wudhu no. 55, shahih)

Penjelasan

Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan kasih sayang dan hikmah-Nya menjadikan pada sebuah amalan terdapat manfaat dan keutamaan. Di antara amalan yang terdapat di dalamnya keutamaan adalah doa setelah wudhu. Hal ini sebagaimana hadist yang telah datang dari baginda rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ المُتَطَهِّرِينَ، فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاء

Artinya: ‘’Barangsiapa yang berwudhu kemudian memperbagus wudhunya lalu membaca:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ المُتَطَهِّرِينَ

maka akan dibukakan untuknya 8 pintu surga, ia masuk dari pintu mana saja yang ia kehendaki.’’(HR. Tirmidzi di dalam sunannya no. 55)

Doa ini termasuk di antara sebab-sebab seseorang masuk ke dalam surga. Tentunya bagi orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar, melaksanakan perkara-perkara yang wajib, serta beriman kepada Allah & Rasul-Nya.

Allahu a’lam. HFZ

join chanel telegram islamhariini 2

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait