oleh

Beberapa Hukum Seputar Natal

Pertanyaan:

Apa hukum memberi ucapan selamat kepada orang kafir di hari raya Natal?

Bagaimana cara kita menjawab mereka ketika mereka mengucapkan selamat kepada kita?

Bolehkah pergi ke tempat-tempat perayaan yang mereka (orang-orang kafir) adakan pada momen tersebut?

Apakah seserang itu berdosa ketika dia melakukan perbuatan-perbuatan di atas tanpa ada niatan tertentu? Dia melakukan itu hanya sekedar basa-basi, malu, ada perasaan tidak enak dengan mereka atau sebab-sebab yang lain. Apakah boleh menyerupai mereka pada hari raya tersebut?

Jawaban:

Ucapan selamat hari raya kepada orang-orang kafir pada hari raya Natal atau hari raya yang lainnya hukumnya haram menurut kesepakatan para ulama‘. Hal ini sebagaimana yang disebutkan oleh Muhammad bin Abi Bakr rahimahullah di dalam kitabnya “Ahkam Ahli Adz Dzimmah” beliau mengatakan,

“Adapun mengucapkan selamat pada syiar-syiar khusus mereka, semisal mengucapkan selamat pada hari raya mereka dan puasa-puasa mereka, semisal mengucapkan,”hari raya yang berkah untukmu”, “Selamat hari raya”, atau yang semisalnya, perkara ini semua, meskipun orang yang mengucapkannya selamat dari kekufuran, namun dia terjatuh ke dalam keharaman.

Perkara ini sama seperti ucapan selamatmu terhadap sujudnya dia kepada salib. Bahkan, perkara ini (mengucapkan selamat hari raya kepada orang kafir) lebih besar dosanya di sisi Allah dan lebih dimurkai daripada mengucapkan selamat kepada seseorang yang meminum khamer (minuman yang memabukkan), membunuh jiwa, perbuatan zina dan semisalnya.

Kebanyakan manusia yang tidak memiliki agama yang kokoh jatuh pada perkara tersebut dalam kondisi dia tidak tahu akibat buruk dari perbuatannya. Barangsiapa yang memberikan ucapan selamat kepada seseorang dengan sebab kemaksiatan, kebid’ahan atau kekufuran yang dia lakukan, maka dia telah menjatuhkan diri kepada murka Allah.” (selesai penukilan)

Sehingga, mengucapkan selamat kepada orang-orang kafir pada hari raya agama mereka hukumnya haram. Demikian pula tempat perkumpulan yang disebutkann oleh Muhammad bin Abi Bakr. Sebab, di dalam perbuatan tersebut terdapat persetujuan terhadap syiar-syiar kekufuran mereka, perasaan ridha kepada mereka pada permasalahan tersebut meskipun dia tidak ridha kekufuran itu untuk dirinya sendiri.

Namun, haram bagi seorang muslim untuk ridha dengan syiar-syiar kekufuran atau dia memberi selamat kepada orang lain atas syiar kekufuran tersebut. Sebab, Allah tidak ridha dengan hal tersebut, sebagaimana firman Allah,

إِنْ تَكْفُرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنْكُمْ وَلا يَرْضى لِعِبادِهِ الْكُفْرَ وَإِنْ تَشْكُرُوا يَرْضَهُ لَكُمْ

“Jika kalian berbuat kekafiran , susungguhnya Allah tidak membutuhkan kalian, dan Dia tidak meridhai kekafiran hambaNya.Dan jika kalian bersyukur, Dia meridhai perbuatan syukur kalian.” (Az Zumar: 7)

Juga sebagaimana firman Allah Ta’ala,

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلاَمَ دِيناً

“Pada hari ini Aku sempurnakan agama kalian untuk kalian, dan telah Kusempurnakan nikmat-Ku untuk kalian dan telah Kuridhai Islam sebagai agama kalian.” (Al Maidah: 3)

Mengucapkan selamat kepada mereka (orang-orang kafir) dengan sebab perkara tersebut (hari raya-hari raya mereka), hukumnya haram meskipun mereKa adalah rekan kerja atau bukan.

Ketika mereka memberi selamat kepada kita disebabkan hari raya-hari raya mereka, maka kita tidak boleh membalasnya, karena itu bukan hari raya kita. Selain itu, hari raya tersebut tidak diridhai Allah, karena hari raya tersebut bisa jadi merupakan perkara yang diada-adakan di dalam agama, bisa jadi hari raya tersebut disyariatkan namun kemudian dihapus dengan datangnya agama Islam yang dengannya Allah mengutus Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada seluruh makhluk. Allah Ta’ala juga berfirman,

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلاَمِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Barang siapa yang mencari agama selain Islam, maka agama itu tidak akan diterima di sisi Allah, dan dia termasuk orang orang yang merugi.” (Ali Imran: 85)

Perbuatan seorang muslim memenuhi ajakan mereka pada momen tersebut adalah haram. Sebab, hal ini lebih parah daripada hanya sekedar mengucapkan selamat pada hari raya tersebut. Hal ini disebabkan perkara tersebut mengandung keikutsertaan mereka di dalam hari raya mereka (orang kafir).

Demikian pula haram bagi muslimin untuk menyerupai orang-orang kafir dengan mengadakan perayaan-perayaaan pada momen tersebut. Demikian pula tidak boleh saling tukar-menukar hadiah, bagi-bagi permen, bagi-bagi makanan, libur bekerja, dan semisalnya. Sebab, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Barangsiapa yang menyerupai sebuah kaum, maka dia merupakan bagian dari mereka.”

Syaikhul Islam Ahmad bin Abdul Halim rahimahullah di dalam kitabnya “Iqtidha’ Ash Shirathal Mustaqim Mukhalafah Ashhabil Jahim” beliau berkata,” Perbuatan menyerupai mereka (orang kafir ) pada sebagian hari raya-hari raya mereka akan berkonsekuensi pada senangnya hati mereka terhadap kebatilan yang ada pada mereka. Terkadang, hal tersebut mendorong mereka untuk memanfaatkan kesempatan dan merendahkan orang-orang yang lemah.” (Selesai penukilan dari ucapan beliau)

Barangsiapa yang melakukan sebagian dari hal tersebut (perbuatan yang disebutkan pada paragraf sebelumnya), maka dia berdosa, sama saja dia melakukan itu karena basa-basi semata, senang kepada mereka, malu kepada mereka, atau sebab yang lainnya. Sebab, perbuatan tersebut merupakan bentuk perbuatan basa-basi di dalam agama Allah serta merupakan sebab penguatan jiwa-jiwa orang kafir dan bangganya mereka terhadap agama mereka.

Hanya kepada Allah kita meminta agar Dia menjadikan kaum muslimin merasa wibawa dengan agamanya, agar Dia memberi rizki kepada mereka berupa istiqamah (terus menerus) di atas agamanya dan menolong mereka di dalam menghadapi musuh-musuh mereka. Sesungguhnya Dia Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (UBY-HMZ)

[Majmu’ Fatawa wa Rasail Asy Syaikh Muhammad bin Shalih (3/44))

السؤال : ما حكم تهنئة الكفّار بعيد ( الكريسمس ) ؟ وكيف نرد عليهم إذا هنؤنا به ؟ وهل يجوز الذهاب إلى أماكن الحفلات التي يقيمونها بهذه المناسبة ؟ وهل يأثم الإنسان إذا فعل شيئاً مما ذُكر بغير قصد ؟ وإنما فعله إما مجاملة ، أو حياءً ، أو إحراجاً ، أو غير ذلك من الأسباب ؟ وهل يجوز التشبه بهم في ذلك ؟

الجواب : تهنئة الكفار بعيد الكريسمس أو غيره من أعيادهم الدينية حرام بالاتفاق. كما نقل ذلك ابن القيم – رحمه الله – في كتابه أحكام أهل الذمة حيث قال : ” “وأما التهنئة بشعائر الكفر المختصة به فحرام بالاتفاق ، مثل أن يهنئهم بأعيادهم وصومهم ، فيقول : عيد مبارك عليك ، أو تهنأ بهذا العيد ونحوه ، فهذا إن سلم قائله من الكفر فهو من المحرمات. وهو بمنـزلة أن تهنئه بسجوده للصليب ، بل ذلك أعظم إثماً عند الله ، وأشد مقتاً من التهنئة بشرب الخمر وقتل النفس ، وارتكاب الفرج الحرام ونحوه . وكثير ممن لا قدر للدين عنده يقع في ذلك ، ولا يدري قبح ما فعل ، فمن هنأ عبداً بمعصية ، أو بدعة ، أو كفر فقد تعرض لمقت الله وسخطه انتهى كلامه رحمه الله– .

وإنما كانت تهنئة الكفار بأعيادهم الدينية حراماً وبهذه المثابة التي ذكرها ( ابن القيم ) لأن فيها إقراراً لما هم عليه من شعائر الكفر ، ورضى به لهم ، وإن كان هو لا يرضى بهذا الكفر لنفسه ، لكن يحرم على المسلم أن يرضى بشعائر الكفر أو يهنئ بها غيره؛ لأن الله – تعالىلا يرضى بذلك كما قال الله –تعالى– : ( إن تكفروا فإن الله غني عنكم ولا يرضى لعباده الكفر وإن تشكروا يرضه لكم ) [ الزمر : 7 ] وقال تعالى : ( اليوم أكملت لكم دينكم وأتممت عليكم نعمتي ورضيت لكم الإسلام ديناً ) [ المائدة : 3 ] ، وتهنئتهم بذلك حرام سواء كانوا مشاركين للشخص في العمل أم لا .

وإذا هنئونا بأعيادهم فإننا لا نجيبهم على ذلك؛ لأنها ليست بأعياد لنا ، ولأنها أعياد لا يرضاها الله تعالى لأنها إما مبتدعة في دينهم ، وإما مشروعة ، لكن نسخت بدين الإسلام الذي بعث الله به محمداً صلى الله عليه وسلم إلى جميع الخلق ، وقال فيه : ( ومن يبتغ غير الإسلام ديناً فلن يقبل منه وهو في الآخرة من الخاسرين ) [ آل عمران : 85 ] .

وإجابة المسلم دعوتهم بهذه المناسبة حرام؛ لأن هذا أعظم من تهنئتهم بها لما في ذلك من مشاركتهم فيها .

وكذلك يحرم على المسلمين التشبه بالكفار بإقامة الحفلات بهذه المناسبة ، أو تبادل الهدايا أو توزيع الحلوى ، أو أطباق الطعام ، أو تعطيل الأعمال ونحو ذلك ، لقول النبي صلى الله عليه وسلم : ” من تشبه بقوم فهو منهم قال شيخ الإسلام ابن تيمية في كتابه : ( اقتضاء الصراط المستقيم مخالفة أصحاب الجحيم ) : ” مشابهتهم في بعض أعيادهم توجب سرور قلوبهم بما هم عليه من الباطل ، وربما أطمعهم ذلك في انتهاز الفرص واستذلال الضعفاء انتهى كلامه – رحمه الله – .

ومن فعل شيئاً من ذلك فهو آثم ، سواء فعله مجاملة ، أو تودداً ، أو حياءً ، أو لغير ذلك من الأسباب؛ لأنه من المداهنة في دين الله ، ومن أسباب تقوية نفوس الكفار وفخرهم بدينهم.

والله المسئول أن يعزّ المسلمين بدينهم ، ويرزقهم الثبات عليه ، وينصرهم على أعدائهم ، إنه قوي عزيز .

join chanel telegram islamhariini 2

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait