oleh

Amalan Hari Tasyrik Sesuai Bimbingan Nabi

Hari Tasyrik adalah tiga hari setelah Idul Adha, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Hari Tasyrik merupakan hari yang Allah Subhanahu wa Ta’ala sebutkan di dalam al-Qur’an:

وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ

“Dan berzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang” (Al-Baqarah: 203).
Al-Imam al-Bukhari menukil ucapan sahabat Ibnu Abbas tentang tafsir ayat di atas:

“Beberapa hari yang berbilang: yaitu hari Tasyrik”1

Berikut kita akan mengulas beberapa amalan yang dikerjakan pada hari tasyrik.

1. Menikmati Hidangan Makanan dan Minuman serta Berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ وَذِكْرٍ لِلَّهِ

“Hari Tasyrik adalah hari makan, minum dan berdzikir kepada Allah”2

Al-Imam an-Nawawi rahimahullah menjelaskan hadits di atas:

“Dianjurkan untuk memperbanyak dzikir pada hari Tasryiq baik berupa Takbir atau selainnya.”3


Baca juga: Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Berdasarkan Hadits-hadits Sahih


2. Menyembelih Hewan Kurban

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كُلُّ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ ذَبْحٌ

“Seluruh hari Tasyrik adalah hari menyembelih.”4

Al-Imam an-Nawawi rahimahullah menjelaskan hadits di atas:

“Waktu menyembelih berlaku sampai akhir hari tasyrik.”5

3. Menetap di Mina

Amalan ini hanya khusus bagi para jama’ah haji. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أيَّامُ مِنىً ثلاثةَ أيَّامٍ فَمَنْ تَعَجَّلَ فِي يَوْمَيْنِ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ وَمَنْ تَأَخَّرَ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ

“Hari Mina (Tasyrik) berjumlah tiga hari, barangsiapa yang ingin meninggalkan Mina sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya, dan barang siapa yang ingin menangguhkan keberangkatannya dari dua hari itu), maka tidak ada dosa pula baginya.”6

Al-Imam an-Nawawi rahimahullah menjelaskan,

“Disyariatkannya menetap di Mina pada malam-malam hari Tasyrik dan amalan ini telah disepakati oleh para ulama.”7

4. Melempar Jumrah Setelah Tergelincir Matahari

Di antara manasik haji yang dikerjakan pada hari Tasyrik juga adalah melempar jumrah.

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melempar Jumrah di hari Idul Adha pada waktu dhuha, adapun hari setelahnya (Tasyrik) beliau melempar Jumrah setelah tergelincirnya matahari.”8

Al-Imam an-Nawawi rahimahullah berkata,

“Dianjurkan untuk melempar jumrah pada dua hari Tasyrik yang pertama dengan tidak menaiki tunggangan, adapun di hari ketiga dianjurkan untuk melempar jumrah dengan menaiki tunggangan.”9

Semoga Allah Ta’ala mudahkan kita untuk mengerjakan amal-amal hari Tasyrik. Amin.

REI/LTC/APL

Penulis: Reihan Audie Sutopo

Referensi:

  • Fathul Bari Syarah Shahih al-Bukhari, karya al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah.
  • Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim Ibnul Hajjaj, karya Imam an-Nawawi rahimahullah.
  • Al-Majmu’ Syarhul Muhadzab, karya Imam an-Nawawi rahimahullah.

 

Footnotes

  1. Dinukilkan di dalam Shahih al-Bukhari secara mu’allaq dalam Bab: “Keutamaan Amalan di Hari Tasyrik”

    بَابُ فَضْلِ العَمَلِ فِي أَيَّامِ التَّشْرِيقِ، وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: “وَالأَيَّامُ المَعْدُودَاتُ: أَيَّامُ التَّشْرِيقِ”

  2. HR. Muslim no. 1141 di dalam shahihnya, dari sahabat Nubaisyah al-Hudzali radhiyallahu ‘anhu.
  3. Lihat Syarh Shahih Muslim (17/8)

    وَفِي الْحَدِيثِ اسْتِحْبَابُ الْإِكْثَارِ مِنَ الذِّكْرِ فِي هَذِهِ الْأَيَّامِ مِنَ التَّكْبِيرِ وَغَيْرِهِ

  4. HR. Ahmad no. 16752, Ibnu Hibban no. 3854, Daruquthni no. 4758 dan al-Baihaqi no. 1832 dari sahabat Jabir bin Muth’im radhiyallahu ‘anhu, shahih, lihat Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah no. 2476 (617/5)
  5. Lihat al-Majmu’ Syarhul Muhadzab (387/8)

    ويبقى وقتها إلى آخر ايام التشريق

  6. HR. Ahmad no. 18755 dan ad-Darimi no. 1929, dari sahabat Abdurrahman bin Ya’mar ad-Diyli radhiyallahu ‘anhu, shahih. Lihat Irwa’ul Ghalil no. 1064 (256/4) 
  7. Lihat Syarh Shahih Muslim (63/9)

    أَنَّ الْمَبِيتَ بِمِنًى لَيَالِيَ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ مَأْمُورٌ بِهِ وَهَذَا مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

  8. HR. Muslim no. (1299)-314, di dalam shahihnya, dari sahabat Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu

    عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: «رَمَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْجَمْرَةَ يَوْمَ النَّحْرِ ضُحًى، وَأَمَّا بَعْدُ فَإِذَا زَالَتِ الشَّمْسُ»

  9. Lihat Syarh Shahih Muslim (45/9)

    وَأَمَّا الْيَوْمَانِ الْأَوَّلَانِ مِنْ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ فَالسُّنَّةُ أَنْ يَرْمِيَ فِيهِمَا جَمِيعَ الْجَمَرَاتِ مَاشِيًا وَفِي الْيَوْمِ الثَّالِثِ يَرْمِي رَاكِبًا وَيَنْفِرُ هَذَا كُلُّهُ مَذْهَبُ مَالِكٍ وَالشَّافِعِيِّ وَغَيْرِهِمَا