oleh

Amalan Hari Arafah Sesuai Sunnah

Hari kesembilan dari bulan Dzulhijjah disebut hari Arafah, yang mana hari Arafah ini termasuk bagian dari 7 hari manasik haji. Di sana terdapat beberapa amalan hari Arafah yang kaum muslimin bisa lakukan sebagaimana akan disebutkan pada kesempatan kali ini.

Amalan Hari Arafah Bagi Yang Tidak Berhaji

  1. Takbir Muqayyad

Al-Imam an-Nawawi menjelaskan tentang takbir muqayyad, “Takbir yang diucapkan selepas shalat lima waktu“.[1]

كَانَ عَلِيٌّ يُكَبِّرُ بَعْدَ صَلَاةِ الْفَجْرِ غَدَاةَ عَرَفَةَ

Sahabat Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu bertakbir selepas shalat subuh di hari Arafah[2]

Batas waktu dimulai dan berakhir takbir muqayyad disebutkan oleh Imam an-Nawawi rahimahullah, “Waktu (dimulainya takbir) dari subuh di hari arafah sampai ashar di akhir hari Tasyriq.”[3]

Beliau rahimahullah juga menjelaskan: “Tata cara takbir yang dianjurkan ialah”,

اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ

“Allah Maha Besar”[4]

  1. Takbir Muthlaq

Amalan hari Arafah yang bisa seorang muslim perbanyak untuk diamalkan adalah takbir muthlaq. Karena malam di hari Arafah adalah malam hari raya idul Adha.

Tentang definisi takbir muthlaq Al-Imam an-Nawawi menjelaskan,

“Takbir Muthlaq adalah takbir yang tidak terikat dengan suatu keadaan, dilakukan di segala tempat (yang diperbolehkan berdzikir), di masjid, di jalan-jalan, di waktu siang maupun malam”.[5]

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ

“Sempurnakanlah hitungan (bulan) dan agungkanlah Allah (dengan bertakbir) atas hidayah yang diberikan kepada kalian”

Dianjurkan untuk mengeraskan suara ketika mengucapkan takbir pada malam hari raya idul Adha sebagaimana penjelasan al-Imam an-Nawawi rahimahullah.[6]

  1. Puasa di hari Arafah

Salah satu amalan hari Arafah adalah puasa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang puasa Arafah, beliau bersabda:

 يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

“(Puasa Arafah) Menghapus dosa satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang”[7]

Imam Asy-Syafi’i rahimahullah mengatakan: “Dianjurkan bagi kaum muslimin yang tidak berhaji untuk berpuasa di hari kesembilan bulan Dzulhijjah, yaitu hari Arafah”[8]

Bagi yang berhaji Imam an-Nawawi rahimahullah berkata: “Bagi yang berhaji dianjurkan untuk tidak berpuasa”[9]

Imam an-Nawawi rahimahullah menjelaskan makna hadits di atas: “Yang dimaksud adalah diampuninya dosa-dosa kecil”[10]


Baca juga: Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Berdasarkan Hadits-hadits Sahih


Wukuf di Padang Arafah Bagi Yang Berhaji

Wukuf di padang Arafah merupakan amalan hari Arafah dan bagian dari rukun haji. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الْحَجُّ عَرَفَةُ

“Ibadah haji adalah Arafah”[11]

Makna hadits di atas dijelaskan oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani rahimahullah, “Haji adalah Arafah, yaitu Arafah merupakan kemuliaan ibadah haji dan rukunnya yang paling besar”[12]

Batas waktu dimulai dan berakhirnya wukuf di padang Arafah disebutkan oleh Imam an-Nawawi rahimahullah,

“Batas waktu wukuf di padang Arafah dimulai sejak tergelincirnya matahari di hari Arafah sampai masuknya waktu subuh di hari idul Adha”[13]

Bimbingan Nabi Seputar Wukuf di Arafah

Berikut bimbingan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika wukuf di Arafah berdasarkan riwayat hadits yang shahih.

  1. Mandi saat hendak berangkat ke padang Arafah berdasarkan riwayat dari sahabat Ali radhiyallahu ‘anhu ketika beliau ditanya oleh seseorang tentang kapan dianjurkan mandi, maka sahabat Ali menjawab: “Hari Arafah, hari Jum’at, Idul Adha dan Idul Fitri.[14]
  2. Menghadap kiblat ketika berdo’a di padang Arafah: Berdasarkan perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hadits yang panjang dari sahabat Jabir radhiyallahu ‘anhu.[15]
  3. Memperbanyak do’a. Yang paling utama ialah,

لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ

“Tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Allah semata, tidak ada satu pun sekutu bagi-Nya.”[16]

  1. Dianjuran wukuf di atas tunggangan: Berdasarkan perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hadits yang panjang dari sahabat Jabir radhiyallahu ‘anhu.[17]
  2. Wukuf di hamparan bagian bawah Jabalar-Rahmah, yaitu bukit di tengah tengah padang Arafah.[18]

Namun jika tidak memungkinkan maka tidak mengapa baginya untuk wukuf di tempat lain selama masih di padang Arafah.

Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَعَرَفَةُ كُلُّهَا مَوْقِفٌ

“Seluruh padang Arafah untuk ibadah wukuf.”[19]

  1. Ditekankan untuk tidak keluar dari padang Arafah sampai terbenamnya matahari, sebagaimana perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

فَلَمْ يَزَلْ وَاقِفًا حَتَّى غَرَبَتِ الشَّمْسُ

“Nabi senantiasa wukuf sampai matahari terbenam.”[20]

Semoga setelah penjelasan singkat amalan hari Arafah di atas, dapat menyemangati kita untuk mengisi hari Arafah dengan amalan-amalan yang dibimbingkan Rasul shallallahu álaihi wa sallam.

Wallahu a’lam.

REI/FAI/LQH

Penulis : Reihan Audie Sutopo.

Referensi:

  • Al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab, karya Imam an-Nawawi rahimahullah.
  • Fathul Bari, karya al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah.
  • Syarh Shahih Muslim, karya Imam an-Nawawi rahimahullah.

[1] Lihat al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab (32/5)

هُوَ الَّذِي يُقْصَدُ بِهِ الْإِتْيَانُ فِي أَدْبَارِ الصَّلَوَاتِ

[2] HR. Hakim no. 1113 dalam al-Mustadrak, al-Baihaqi no. 6275 dalam Sunan al-Kubra dan Ibnu Abi Syaibah no. 5631 dalam Mushannaf, shahih, lihat Irwa’ul Ghalil (125/3)

 

[3] Lihat al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab (39/5)

وَأَنَّ الْمُخْتَارَ كَوْنُهُ مِنْ صُبْحِ يَوْمِ عَرَفَةَ إلَى عصر آخر التَّشْرِيقِ

 

[4] Lihat al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab (39/5)

صِفَةُ التَّكْبِيرِ الْمُسْتَحَبَّةُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ هَذَا هُوَ الْمَشْهُورُ مِنْ نُصُوصِ الشَّافِعِيِّ فِي الْأُمِّ وَالْمُخْتَصَرِ وَغَيْرِهِمَا

 

[5] Lihat al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab (32/5)

هُوَ الَّذِي لَا يَتَقَيَّدُ بِحَالٍ بَلْ يُؤْتَى بِهِ فِي الْمَنَازِلِ وَالْمَسَاجِدِ وَالطُّرُقِ لَيْلًا وَنَهَارًا وَفِي غَيْرِ ذَلِكَ

[6] Lihat al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab (32/5)

وَيُسْتَحَبُّ أَنْ يَرْفَعَ النَّاسُ أَصْوَاتَهُمْ بِالتَّكْبِيرِ الْمُرْسَلِ فِي لَيْلَتِي العيدين

[7] HR. Muslim no. (1162)-197, di dalam shahihnya, dari sahabat Abu Qatadah al-Anshari radhiyallahu ‘anhu

[8] Lihat al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab (380/6)

فَقَالَ الشَّافِعِيُّ وَالْأَصْحَابُ يُسْتَحَبُّ صَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ لِغَيْرِ مَنْ هُوَ بِعَرَفَةَ

 

[9] Lihat al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab (380/6)

ذَكَرْنَا أَنَّ الْمُسْتَحَبَّ لِلْحَاجِّ بِعَرَفَةَ الْفِطْرُ يَوْمَ عَرَفَةَ هَكَذَا أَطْلَقَهُ الشَّافِعِيُّ وَالْجُمْهُورُ

 

[10] Lihat Syarh Shahih Muslim (51/8)

مَعْنَاهُ يُكَفِّرُ ذُنُوبَ صَائِمِهِ فِي السَّنَتَيْنِ قَالُوا وَالْمُرَادُ بِهَا الصَّغَائِرُ

[11] HR. Ahmad no. 18774 dan Ibnu Majah (3015), shahih, lihat Irwa’ul Ghalil no. 1064 (256/4), dari sahabat Abdurrahman bin Ya’mar ad-Diyli radhiyallahu ‘anhu

[12] Lihat Fathul Bari (94/11)

الْحَجُّ عَرَفَةُ أَيْ مُعْظَمُ الْحَجِّ وَرُكْنُهُ الْأَكْبَرُ

[13] Lihat Syarh Shahih Muslim (185-186/8)

وَأَمَّا وَقْتُ الْوُقُوفِ فَهُوَ مَا بَيْنَ زَوَالِ الشَّمْسِ يَوْمَ عَرَفَةَ وَطُلُوعِ الْفَجْرِ الثَّانِي يَوْمَ النَّحْرِ

[14] HR. al-Baihaqi no. 6124 di dalam Sunan Kubra, shahih, lihat Irwa’ul Ghalil (176-177/1)

عن زاذان قال: سأل رجل عليا رضى الله عنه عن الغسل؟ قال: اغتسل كل يوم إن شئت , فقال: لا , الغسل الذى هو الغسل, قال: يوم الجمعة , ويوم عرفة , ويوم النحر , ويوم الفطر. وسنده صحيح.

[15] HR. Muslim no. (1218)-147, di dalam shahihnya, dari sahabat Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu

[16] HR. Malik no. 32 dan 246 (Abdul Baqi), shahih, lihat Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah no. 1503 (7-8/4), dari sahabat Thalhah bin Ubaidillah radhiyallahu ‘anhu

[17] HR. Muslim no. (1218)-147, di dalam shahihnya, dari sahabat Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu

[18] Lihat Syarh Shahih Muslim (185/8)

وَهِيَ صَخَرَاتٌ مُفْتَرِشَاتٌ فِي أَسْفَلِ جَبَلِ الرَّحْمَةِ وَهُوَ الْجَبَلُ الَّذِي بِوَسَطِ أَرْضِ عَرَفَاتٍ فَهَذَا هُوَ الْمَوْقِفُ الْمُسْتَحَبُّ

[19] HR. Muslim no. (1218)-148, di dalam shahihnya, dri sahabat Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu

[20] HR. Muslim no. (1218)-147, di dalam shahihnya, dari sahabat Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu