oleh

Suasana saat Pengutusan Nabi Muhammad Sebagai Rasul

Pengutusan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai rasul, bukanlah sebuah peristiwa yang terjadi serta merta di awal mula diangkatnya beliau sebagai nabi. Akan tetapi hal itu terjadi setelah fenomena terputusnya wahyu ilahi selama beberapa waktu, sebagaimana yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. 1

Selayang Pandang Pengutusan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

Peristiwa pengutusan Nabi Muhammad sebagai rasul dikisahkan oleh beliau sendiri shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yakni dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim2 -dua ulama pakar ilmu hadits terkemuka dalam Islam- melalui jalur Abdurrazzaq dari Ma’mar dari az-Zuhri, beliau berkata: Aku mendengar Abu Salamah Abdurrahman memberitakan dari sahabat Jabir radhiyallahu ‘anhu tentang kisah berikut,

Jabir radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkisah -setelah menceritakan peristiwa terputusnya wahyu-, “Suatu ketika aku sedang berjalan. Aku mendengar sebuah suara dari arah langit. Lantas kuarahkan pandanganku ke arah suara tersebut. Seketika aku melihat sosok malaikat yang pernah mendatangiku di gua Hira kala itu. Ia duduk di atas kursi di antara langit.”

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam melanjutkan kisahnya, “Maka aku pun berlutut ketakutan karena melihat hal tersebut, sampai-sampai aku terjatuh ke tanah. Maka aku pun bergegas mendatangi keluargaku sambil berkata, ‘Selimutilah aku! Selimutilah aku!’” 

Maka Allah Subhanahu wa Ta’ala pun menurunkan ayat,

يَٰٓأَيُّهَا ‌ٱلۡمُدَّثِّرُ ( ) قُمۡ فَأَنذِرۡ ( ) وَرَبَّكَ فَكَبِّرۡ ( ) وَثِيَابَكَ فَطَهِّرۡ ( ) وَٱلرُّجۡزَ فَٱهۡجُرۡ  

“Wahai orang yang berkemul (berselimut)! Bangunlah, lalu berilah peringatan! Agungkanlah Rabbmu satu-satunya, bersihkanlah pakaianmu, dan tinggalkanlah segala (perbuatan) yang keji!” [al-Muddatsir: 1-5]

Demikianlah keterangan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam sembari menutup kisah.3

Kemudian setelah peristiwa itu, wahyu pun turun dengan semakin intens dan berkelanjutan.4

Pengutusan Nabi Muhammad Sebagai Rasul Ditandai dengan Turunnya Surat Al-Muddatsir

Para ulama menjelaskan bahwa turunnya surat al-Muddatsir merupakan tanda pengutusan Nabi Muhammad sebagai rasul. Di antaranya adalah penjelasan Imam Ibnu Katsir rahimahullah -seorang ulama pakar tafsir di masanya-, beliau menjelaskan tafsir ayat:

قُمْ فَأَنْذِرْ

“Bangkitlah dan berilah peringatan!” [al-Muddatsir: 02]

“Maksudnya adalah: Bangkitlah dengan penuh tekad dan berilah peringatan kepada manusia! Dengan perintah inilah nabi resmi menjadi seorang rasul yang diutus kepada segenap manusia sebagaimana beliau diangkat menjadi nabi dengan surat yang turun sebelumnya (al-‘Alaq).” 5

Bukti Dedikasi Setelah Peristiwa Pengutusan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

Setelah diangkatnya beliau sebagai rasul, beliau tak serta merta berkecil hati dan berpangku tangan dalam mendakwahkan syariat Rabb semesta alam kepada masyarakatnya. Namun beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bangkit dalam menyampaikan risalah dengan penuh tekad dan tegak dengan penuh keseriusan dan kesungguhan.

Beliau mendakwahkan agama Allah kepada orang yang dekat maupun yang jauh dan kepada orang merdeka maupun budak. Pada saat itu, setiap orang yang cerdas, bijaksana, dan bahagia beriman kepada beliau. Sementara setiap orang yang keras kepala dan penuh kesombongan tetap menentang dan durhaka.6

Sambutan di Awal Masa Pengutusan Sebagai Rasul

Dakwah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam di masa awal kerasulan tampak membuahkan hasil dan mendapat sambutan hangat dari beberapa pihak. Maka orang pertama yang menerima dan mempercayai kerasulan beliau dari kalangan lelaki merdeka adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq. Dari kalangan pemuda adalah Ali bin Abi Thalib. Dari kalangan wanita adalah Khadijah binti Khuwailid, istri beliau. Sedangkan dari kalangan budak adalah Zaid bin Haritsah al-Kalbi. Semoga Allah meridhai mereka semua.7

Penutup

Demikianlah gambaran ringkas tentang sejarah pengutusan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menjadi seorang rasul. Semoga dengan bertambahnya pengetahuan kita tentang sejarah agama ini dan pemahaman terhadap perjalanan hidup Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasalam, bertambah pula pengagungan dan rasa cinta kita terhadap agama Islam dan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. (ZDN/AAA/AAK)

Penulis: Muhammad Zidan.

Referensi:

  1. Sirah Nabawiyyah minal Bidayah wan Nihayah karya Imam Abul Fida’ Ismail bin Katsir (W. 774 H) rahimahullah.
  2. Tafsirul Qur’anil ‘Adzhim karya Imam Abul Fida’ Ismail bin Katsir (W. 774 H) rahimahullah.

 

Footnotes

  1. Lihat artikel berjudul: Hikmah dari Peristiwa Wahyu yang Terputus.
  2.  Diriwayatkan oleh al-Bukhari no. 3066 dan Muslim no. 161.
  3. Lihat Sirah Nabawiyyah min al-Bidayah wan Nihayah jilid 1 hal. 412.

    وَفِي الصَّحِيحَيْنِ مِنْ حَدِيثِ عَبْدِ الرَّزَّاقِ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَسَمِعت أَبَا سَلمَة عَبْدِ الرَّحْمَنِ يُحَدِّثُ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُحَدِّثُ عَنْ فَتْرَةِ الْوَحْيِ قَالَ: فَبَيْنَمَا أَنَا أَمْشِي سَمِعْتُ صَوْتًا مِنَ السَّمَاءِ، فَرفعت بصرى قبل السَّمَاء فَإِذَا الْمَلَكُ الَّذِي جَاءَنِي بِحِرَاءٍ قَاعِدٌ عَلَى كرسي بَين السَّمَاء، فجثيت مِنْهُ، فَرَقًا حَتَّى هَوَيْتُ إِلَى الْأَرْضِ، فَجِئْتُ أَهْلِي فَقُلْتُ زَمِّلُونِي زَمِّلُونِي.

    فَأَنْزَلَ اللَّهُ: ” يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ قُمْ فَأَنْذِرْ. وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ .وَثِيَابَكَ فطهر .وَالرجز فاهجر “.

  4. Lihat Sirah Nabawiyyah min al-Bidayah wan Nihayah jilid 1 hal. 412.

    قَالَثُمَّ حَمِيَ الْوَحْيُ وَتَتَابَعَ.

  5. Lihat Tafsir Ibnu Katsir jilid 8 hal. 262.

    فقوله: )قُمْ فَأَنْذِرْ (أي: شمر عن ساق العزم، وأنذر الناس. وبهذا حصل الإرسال، كما حصل بالأول النبوة.

  6. Lihat Sirah Nabawiyyah min al-Bidayah wan Nihayah jilid 1 hal. 414.

    وَقَامَ حِينَئِذٍ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الرِّسَالَةِ أَتَمَّ الْقِيَامَ، وَشَمَّرَ عَنْ سَاقِ الْعَزْمِ، وَدَعَا إِلَى اللَّهِ الْقَرِيبَ وَالْبَعِيدَ، وَالْأَحْرَارَ وَالْعَبِيدَ، فَآمَنَ بِهِ حِينَئِذٍ كُلُّ لَبِيبٍ نَجِيبٍ سَعِيدٍ، وَاسْتَمَرَّ عَلَى مُخَالَفَتِهِ وَعِصْيَانِهِ كُلُّ جَبَّارٍ عَنِيدٍ.

  7. Lihat Sirah Nabawiyyah min al-Bidayah wan Nihayah jilid 1 hal. 414

    فَكَانَ أَوَّلَ مَنْ بَادَرَ إِلَى التَّصْدِيقِ مِنَ الرِّجَالِ الْأَحْرَارِ أَبُو بَكْرٍ الصِّدِّيقُ وَمِنَ الْغِلْمَانِ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ وَمِنَ النِّسَاءِ خَدِيجَةُ بِنْتُ خُوَيْلِدٍ زَوْجَتُهُ عَلَيْهِ السَّلَامُ وَمِنَ الْمَوَالِيَ مَوْلَاهُ زَيْدُ بْنُ حَارِثَةَ الْكَلْبِيُّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَأَرْضَاهُمْ

join chanel telegram islamhariini 2

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *