oleh

Hukum Wanita Bepergian Tanpa Mahram

-Fatwa-3,494 views

Pertanyaan:

Bolehkah seorang wanita bepergian sendiri dengan pesawat terbang atau kendaraan lainnya tanpa mahram?

Jawaban:

Seorang wanita muslimah tidak boleh bepergian sendiri tanpa bersama mahramnya, baik jarak tempuhnya jauh ataupun dekat.

Berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

لا تسافر امرأة إلا مع ذي محرم

“Janganlah salah seorang wanita bepergian kecuali bersama mahramnya.”(HR. Bukhari (1/465) dan Muslim (4/104))

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

«لا يخلون رجل بامرأة إلا ومعها ذو محرم، ولا تسافر المرأة إلا مع ذي محرم. فقام رجل فقال: يا رسول الله، إن امرأتي خرجت حاجة وإني اكتتبت في غزوة كذا وكذا. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم-: « انطلق فحج مع امرأتك » خرجه البخاري ومسلم

“Janganlah sekali-kali seorang lelaki berduaan dengan wanita kecuali ditemani mahramnya, dan janganlah seorang wanita bepergian kecuali bersama mahramnya.” Kemudian ada laki-laki yang berdiri dan berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya istriku pergi menunaikan haji, sedangkan aku tercatat sebagai salah satu pasukan pada pertempuran ini dan itu?’ Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Kembalilah dan berangkatlah haji bersama istrimu.” (HR. al-Bukhari no.1862 dan Muslim no. 424)

Sehingga, wanita itu dilarang dari segala macam bentuk safar (yaitu; bepergian) kecuali jika disertai mahramnya yang dapat melindungi, menjaga kehormatanya, dan mengurus keperluannya.

Mahram bagi wanita yaitu suaminya, atau orang yang haram untuk menikahinya selamanya karena hubungan kekerabatan, persusuan, atau hubungan kekeluargaan melalui perkawinan, seperti; bapaknya, anak lelakinya, saudara laki-lakinya, anak saudara laki-lakinya (keponakan), pamannya (dari pihak ayah maupun ibu), bapak mertuanya, atau anak suaminya (dari istri sebelumnya-pen), anak dari susuannya atau saudara sepersusuannya dan yang semisal mereka.

Larangan ini mencakup untuk wanita yang masih muda atau yang sudah tua (pemudi atau nenek-nenek), baik dia bepergian sendiri atau bersama wanita lainya. Sebab banyaknya wanita tidak cukup sebagai mahram berdasarkan keumuman hadits di atas dan juga karena wanita tidak dapat berposisi seperti lelaki.

Mahram yang syar’i harus terpenuhi 2 syarat, yaitu; baligh dan berakal. Sebab, anak kecil dan orang yang gila tidak dapat tercapai tujuan dalam kemahraman untuk menjaganya dan mengurus hajatnya.

Maka, anak kecil (yang belum baligh) tidak bisa menjadi mahram untuk ibunya, saudarinya, atau lainnya. Wanita juga tidak bisa menjadi mahram untuk wanita lainnya.

Oleh karena itu, wajib bagi para wanita dan para wali mereka untuk bertakwa kepada Allah, menjaga perintah-perintah Allah dan Rasul-Nya, serta meninggalkan larangan-larangan Allah dan Rasul-Nya, dan menjauhi segala hal yang mengantarkan pada kejelekan dan kerusakan. Janganlah ambisi ia terhadap dunia mendorongnya untuk bermudah-mudahan dalam perkara ini.

Atas dasar inilah, haram bagi wanita untuk safar (bepergian) jauh tanpa bersama suaminya atau mahramnya.

Hanya kepada Allah kita memohon taufik. Dan semoga salawat serta salam tertuang kepada Nabi kita, keluarga dan para sahabat beliau.

Sumber: Fatwa Lajnah Daimah

السؤال الثالث من الفتوى رقم (9950) رقم (20395)

س: هل يجوز للمرأة أن تسافر لوحدها في الطائرة ونحوها بدون محرم؟

ج: لا يجوز للمرأة المسلمة أن تسافر بدون محرم ، سواء طالت المسافة أو قصرت ؛ لقوله صلى الله عليه وسلم-: «لا تسافر امرأة إلا مع ذي محرم » متفق على صحته وقال النبي صلى الله عليه وسلم-: « لا يخلون رجل بامرأة إلا ومعها ذو محرم، ولا تسافر المرأة إلا مع ذي محرم. فقام رجل فقال: يا رسول الله، إن امرأتي خرجت حاجة وإني اكتتبت في غزوة كذا وكذا. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم-:« انطلق فحج مع امرأتك » خرجه البخاري ومسلم.

فالمرأة ممنوعة من كل ما يسمى سفرا، إلا إذا كان معها محرم يصونها ويحفظها ويقوم بمصالحها، والمحرم هو: زوجها أو من تحرم عليه على التأبيد لقرابة أو رضاع أو مصاهرة: كأبيها وابنها وأخيها وابن أخيها وعمها وخالها وأبي زوجها وابن زوجها وابنها من الرضاع أو أخيها من الرضاع ونحوهم، وسواء كانت المرأة شابة أو عجوزا، وسواء كانت وحدها أو مع نساء؛ لأن مجموعة النساء لا تكفي عن المحرم؛ لعموم الأحاديث ولعدم انتفاء المحذور، فالواجب على النساء وعلى أوليائهن تقوى الله، والمحافظة على أوامر الله ورسوله، وترك ما نهى الله عنه ورسوله، خصوصا في المحافظة على الحياء والعفة، وتجنب وسائل الشر والفساد. ولا يجوز أن يحملهم الطمع في الدنيا على التساهل في هذا الأمر.

ويشترط في المحرم المعتبر شرعا: أن يكون بالغا، عاقلا لأن الصغير وغير العاقل لا يحصل بهما المقصود في المحرمية من حماية المرأة والقيام بشأنها، فلا يعتبر من دون البلوغ محرما لوالدته أو أخته أو غيرها، والمرأة لا تكون محرما للمرأة. وعلى هذا يحرم على المرأة أن تسافر بلا زوج ولا محرم كل ما يسمى سفرا.

وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.