Home / Berita Islam / Setelah Gempa Lombok dan Palu, Tsunami serta Likuifaksi

Setelah Gempa Lombok dan Palu, Tsunami serta Likuifaksi

Tak henti-hentinya musibah ini melanda. Setelah gempa, tsunami dan fenomena lumpur (likuifaksi) kini bumi Palu dilanda musibah lainnya. Hujan deras yang mengguyur akhir-akhir ini ternyata membuat efek bencana yang tidak bisa dianggap remeh. Banjir dan longsor menjadi momok bagi sebagian daerah tertentu.

Di beberapa tempat, akses jalan menjadi tersendat akibat terendam banjir dan longsor sehingga proses pembenahan daerah dan jalur pasokan bantuan pun otomatis terhenti sementara. Tentunya kerugian dan kerusakan akibat bencana ini akan terus bertambah.

Dilansir dari cuitan twitter milik Bapak Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, bahwa kerugian dan kerusakan akibat bencana di Sulawesi Tengah mencapai Rp 13,82 trilyun. Jumlah ini sementara berdasarkan data per 20/10/2018.

Diperkirakan kerugian dan kerusakan akan bertambah. Perlu trilyunan rupiah untuk rehabilitasi dan rekonstruksi nanti.

Seperti terjadi belum lama ini, akses jalan ke Kecamatan Kulawi antara Salua-Saudanta terputus akibat hujan deras. Hujan mengguyur sepanjang hari hingga malam. Semua kendaraan tidak bisa lewat. Banyak pula mobil relawan tertahan di gunung.

Hujan deras turun cukup lama. Sejak siang hingga waktu ashar. Akibatnya terjadi banjir bandang di Desa Salua. Semua kendaraan tidak bisa melintas. Banjir Bandang di Salua tak terelakkan.

Warga di pengungsian harap-harap cemas. Logistik yang tersedia semakin terbatas. Sementara relawan sulit bergerak, karena dihadang kondisi cuaca.

Begitulah kondisi saudara kita di Pengungsian Korban Bencana Lombok dan Palu.

Dikutip dari: https://pedulibencana.com

Baca Juga

Mencela Diri di Depan Orang Lain

Mencela Diri di Depan Orang Lain Termasuk Riya’

BUKAN HAL TERPUJI MENCELA DIRI DI DEPAN ORANG LAIN 🗒 Al Hafizh Ibnu Rajab Al …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *