oleh

Nama-nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beserta Makna dan Dalilnya

Dalam pepatah disebutkan ‘tak kenal maka tak sayang’. Sangatlah menyedihkan ketika kita mengaku sebagai umat Islam pengikut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam namun hanya sedikit yang kita ketahui tentang beliau. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah tokoh, panutan, teladan, dan Nabi kita. Sehingga sudah sepantasnya kita mengenali beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih dekat.

Berikut ini adalah nama-nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beserta maknanya yang perlu kita ketahui.

Muhammad

Allah Ta’ala berkata,

مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ

“Muhammad adalah utusan Allah.” (al-Fath: 29)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ لِي أَسْمَاءً، -منها- وَأَنَا مُحَمَّدٌ

“Aku memiliki beberapa nama, (di antaranya) aku Muhammad.” 1

Nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Muhammad, bermakna orang yang terpuji.

Beliau diberi nama ini karena memiliki banyak perangai yang terpuji. Dahulu, kakek beliau (Abdul Muthalib) yang menamai beliau dengan nama ini berdasarkan ilham dari Allah. Dengan harapan beliau dipuji oleh para penduduk langit dan bumi. Maka Allah Ta’ala pun telah mengabulkan harapan kakek beliau.2

Ahmad

Allah Ta’ala mengisahkan ucapan Nabi Isa ‘alaihis salam di dalam al-Quran,

وَمُبَشِّرًا بِرَسُولٍ يَأْتِي مِنْ بَعْدِي اسْمُهُ أَحْمَدُ

“Dan aku diutus sebagai pemberi kabar gembira akan kedatangan seorang rasul setelahku yang bernama Ahmad.” (ash-Shaf: 6)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ لِي أَسْمَاءً، -منها- وَأَنَا أَحْمَدُ

“Aku memiliki beberapa nama, (di antaranya) aku Ahmad.”3

Ahmad bermakna: paling terpuji. Nama tersebut menjadi nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam karena beliau diutus oleh Allah Yang Maha Sempurna, baik zat-Nya maupun sifat-sifat-Nya. Nama Ahmad juga bisa bermakna: yang senantiasa memuji Rabbnya.4

Al-Mahy

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لِي خَمْسَةُ أَسْمَاءٍ -منها- وَأَنَا المَاحِي الَّذِي يَمْحُو اللَّهُ بِي الكُفْرَ

“Aku memiliki beberapa nama, (di antaranya) aku al-Mahy yang Allah Ta’ala menghapuskan kekufuran melalui perantara aku.”5

Makna nama al-Mahy adalah sebagaimana hadits di atas, yaitu Allah Ta’ala menghilangkan kekufuran dari bumi Makkah, Madinah, semenanjung Arab dan tempat-tempat lainnya dengan sebab beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.6

Makna lain dari al-Mahy adalah Allah Ta’ala meninggikan agama Islam dengan dalil-dalil dan bukti-bukti daripada agama-agama selain Islam. Makna lainnya adalah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menghilangkan dosa-dosa kesyirikan dari para pengikutnya.7

Al-Hasyir

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لِي خَمْسَةُ أَسْمَاءٍ -منها- وَأَنَا الحَاشِرُ الَّذِي يُحْشَرُ النَّاسُ عَلَى قَدَمِي

“Aku adalah al-Hasyir, yang manusia akan dibangkitkan di bawah telapak kakiku.”8

Nama al-Hasyir bermakna bahwa manusia akan dibangkitkan pada hari Kiamat di atas ajaran dan sunah beliau, karena tidak ada nabi dan syariat setelah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.9

Adapun yang dimaksud “telapak kaki” pada hadits di atas adalah waktu berdirinya beliau setelah dibangkitkan.10 Dari makna ini, dapat dipahami pula bahwa nama al-Hasyir menunjukkan manusia akan dibangkitkan setelah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dibangkitkan.

Al-‘Aqib

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَأَنَا الْعَاقِبُ وَالْعَاقِبُ الَّذِي لَيْسَ بَعْدَهُ نَبِيٌّ

“Aku adalah al-‘Aqib, yang tidak ada nabi lagi setelahku.”11

Nama al-‘Aqib bermakna bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengikuti kebaikan orang-orang sebelum beliau. Sebagaimana disebutkan oleh Imam Ibnul ‘Arabi rahimahullah.12

Al-Muqaffi

Sahabat Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu berkata,

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسَمِّي لَنَا نَفْسَهُ أَسْمَاءً، فَقَالَ: -منها- وَالْمُقَفِّي

“Dahulu nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang beliau namakan dirinya dengannya ada beberapa nama, (di antaranya) al-Muqaffi.”13

Makna al-Muqaffi adalah bahwa beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam meneladani para nabi ‘alaihimus salam yang datang sebelum beliau. Makna al-Muqaffi tidak jauh berbeda dengan makna al-‘Aqib.14

Nabiyyut Taubah

Kembali Sahabat Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu menyatakan,

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسَمِّي لَنَا نَفْسَهُ أَسْمَاءً، فَقَالَ: -منها- وَنَبِيُّ التَّوْبَةِ

“Dahulu nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang beliau namakan dirinya dengannya ada beberapa nama, (di antaranya) Nabiyyut Taubah.”15

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam diberi nama dengan nama ini karena diterimanya taubat yang telah memenuhi syarat-syaratnya telah Allah Ta’ala tetapkan disebabkan keberkahan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap umat ini.16

Nabiyyur Rahmah

Masih sahabat Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu berkata,

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسَمِّي لَنَا نَفْسَهُ أَسْمَاءً، فَقَالَ: -منها- وَنَبِيُّ الرَّحْمَةِ

“Dahulu nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang beliau namakan dirinya dengannya ada beberapa nama, (di antaranya) Nabiyyur Rahmah.”17

Adapun makna Nabiyyur Rahmah adalah bahwasanya beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam diutus dengan kasih sayang.18 Sehingga dengan sebab keberkahan beliau terciptalah rasa saling mengasihi di antara umat beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.19

Nabiyyul Malahim

Sahabat Hudzaifah ibnul Yaman radhiyallahu ‘anhu pernah berkisah,

لَقِيتُ النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ فِي بَعْضِ طُرُقِ الْمَدِينَةِ فَقَالَ: (-ثم ذكر بعض أسمائه, حتى قال- أَنَا نَبِيُّ الْمَلَاحِمِ)

“Aku bertemu dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di salah satu sudut kota Madinah, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berkata, (Disebutkanlah nama-nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sampai pada akhirnya beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan), Aku adalah Nabiyyul Malahim.”20

Beliau diberi nama Nabiyyul Malahim karena diutus untuk memerangi kaum musyrikin.21 Tentu, dalam memerangi kaum musyrikin ada ketentuan dan batasan yang harus dipenuhi secara syariat.

Itulah nama-nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang ada di dalam al-Qur’an dan hadits yang shahih. Mudah-mudahan dengan kita mengetahui nama-nama beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam ini menambah kecintaan kita kepada beliau, sehingga keimanan kita pun semakin bertambah.

Pada akhirnya kita memohon kepada Allah Yang Maha Pemurah agar memberi  kemudahan untuk kita semua dalam meneladani baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam kehidupan sehari-hari kita. (AAA-ATH)

Penulis: Abdullah al-Atsari

Referensi:

  • Asyraful Wasail ila Fahmisy Syamail, karya Imam Ibnu Hajar al-Haitami  rahimahullah (909 – 974 H / 1504 – 1567 M).
  • Fathul Bari Syarhu Shahih al-Bukhari, karya Imam Ibnu Hajar al-Asqalani rahimahullah (773 – 852 H / 1372 – 1448 M).
  • Al-Minhaj Syarhu Shahih Muslim bin al-Hajjaj, karya Imam an-Nawawi rahimahullah (631 – 676 H / 1234 – 1278 M)

 

Footnotes

  1. HR. Al-Bukhari no. 4896 dan Muslim no. 124 – (2354) di dalam kitab shahih keduanya dari sahabat Jubair bin Muth’im radhiyallahu ‘anhu.

  2. Lihat Asyraful Wasail ila Fahmisy Syamail hlm. 132.

    سمى به نبينا صلى الله عليه وسلم، لكثرة خصاله المحمودة، أى سماه جده عبد المطلب بإلهام من الله بذلك، رجاء أن يحمده أهل السماء والأرض وقد حقق الله تعالى رجاءه،

  3. HR. Al-Bukhari no. 4896 dan Muslim no. 124 – (2354) di dalam kitab shahih keduanya dari sahabat Jubair bin Muth’im radhiyallahu ‘anhu.
  4. Lihat Asyraful Wasail ila Fahmisy Syamail hlm. 133.

    (أحمد): ابتداء هذين لإنبائهما عن كمال الحمد المنبئ عن كمال ذاته، والراجع إليه سائر أوصافه، إذ صيغة التفضيل منبئة عن التضعيف والتكثير إلى ما لا نهاية له، وصيغة أفعل منبئة عن الوصول لغاية ليس ورائها منتهى، إذ معناه أحمد الحامدين لربه

  5. HR. Al-Bukhari no. 3532 dan Muslim no. 124 – (2354) di dalam kitab shahih keduanya dari sahabat Jubair bin Muth’im radhiyallahu ‘anhu.
  6. Lihat Asyraful Wasail ila Fahmisy Syamail hlm. 134.

    يمحو الله بى الكفر من مكة والمدينة وسائر بلاد العرب وغيرهما

  7. Lihat Asyraful Wasail ila Fahmisy Syamail hlm. 135.

    أو المراد أن يمحوه بمعنى يدحضه ويظهر عليه بالحجة والغلبة, أو أنه يمحو سيئات من اتبعه أى: آمن به، فيمحو عنه ذنب كفره، وسائر ما عمله فيه

  8. HR. al-Bukhari no. 3532 dan Muslim no. 124 – (2354) di dalam kitab shahih keduanya dari sahabat Jubair bin Muth’im radhiyallahu ‘anhu.

  9. Lihat Asyraful Wasail ila Fahmisy Syamail hlm. 135.

    أى على أثرى وزمان نبوتى ورسالتى إذ لا نبى بعدى، أو تقدمهم وهم خلفه

  10. Lihat Fathul Bari Syarh Shahih al-Bukhari 6/557.

    وَيُحْتَمَلُ أَنْ يَكُونَ الْمُرَادُ بِالْقَدَمِ الزَّمَانَ أَيْ وَقْتَ قِيَامِي عَلَى قَدَمِي

  11. HR. Muslim no. 124 – (2354) di dalam kitab shahihnya dari shahabat Jubair bin Muth’im radhiyallahu ‘anhu.
  12. Lihat Syarhun Nawawi ‘ala Muslim 15/106.

    قال بن الْأَعْرَابِيِّ الْعَاقِبُ وَالْعُقُوبُ الَّذِي يَخْلُفُ فِي الْخَيْرِ مَنْ كَانَ قَبْلَهُ وَمِنْهُ عَقِبُ الرَّجُلِ لِوَلَدِهِ

  13. HR. Muslim no. 126 – (2355) di dalam kitab shahihnya dari sahabat Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu.
  14. Lihat Syarhun Nawawi ‘ala Muslim 15/106.

    أَمَّا الْمُقَفِّي فَقَالَ شَمِرٌ هُوَ بِمَعْنَى الْعَاقِبِ وقال بن الْأَعْرَابِيِّ هُوَ الْمُتَّبِعُ لِلْأَنْبِيَاءِ يُقَالُ قَفَوْتُهُ أَقْفُوهُ وقفيته أقفيه اذا اتبعته وقافية كل شئ آخِرُهُ

  15. HR. Muslim no. 126 – (2355) di dalam kitab shahihnya dari sahabat Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu.
  16. Lihat Asyraful Wasail ila Fahmisy Syamail hlm. 136.

    أى أن قبول التوبة بشروطها المذكورة فى كتب الفقه من جملة ما حققه الله ببركته على هذه الأمة

  17. HR. Muslim no. 126 – (2355) di dalam shahihnya dari sahabat Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu.
  18. Lihat Syarhun Nawawi ‘ala Muslim 15/106.

    وَأَمَّا نَبِيُّ التَّوْبَةِ وَنَبِيُّ الرَّحْمَةِ وَنَبِيُّ الْمَرْحَمَةِ فَمَعْنَاهَا مُتَقَارِبٌ وَمَقْصُودُهَا أَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَاءَ بِالتَّوْبَةِ وَبِالتَّرَاحُمِ

  19. Lihat Asyraful Wasail ila Fahmisy Syamail hlm. 136.

    أى التراحم بين الأمة الحاصل ببركته

  20. HR. at-Tirmidzi no. 352 di dalam asy-Syamail al-Muhammadiyyah. Hadist Hasan (lihat Mukhtasharusy Syamail no. 316) dari sahabat Hudzaifah ibnul Yaman radhiyallahu ‘anhu.
  21. Lihat Syarhun Nawawi ‘ala Muslim 15/106.

    وَفِي حَدِيثٍ آخَرَ نَبِيُّ الْمَلَاحِمِ لِأَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُعِثَ بِالْقِتَالِ