oleh

Mempertahankan Semangat Beribadah Setelah Ramadhan

Pembaca islamhariini.com, bulan Ramadhan sudah belalu meninggalkan kita. Sekarang kita berada di pertengahan bulan Syawal. Semangat ibadah kita ketika berada di bulan Ramadhan harus terus dipertahankan di hari-hari selepas bulan Ramadhan. Ramadhan adalah bulan pendidikan bagi kita, mendidik diri untuk semangat dalam beribadah. Harapannya selepas Ramadhan semangat ibadah tetap menggelora.

Menyusul Satu Amalan Dengan Amalan Berikutnya

Diantara sifat orang-orang yang beriman adalah mereka bersegera melakukan amalan yang lain setelah selesai melakukan suatu amalan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَى رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ (60) أُولَئِكَ يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَهُمْ لَهَا سَابِقُونَ (61)

“Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan (berupa amal-amal kebaikan), dalam keadaan hati mereka takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka. Mereka adalah orang-orang yang bersegera dalam beramal kebaikan dan mereka terhadap kebaikan tersebut berlomba-lomba.” (Al-Mu’minun: 60-61).

Di dalam ayat ini Allah mengabarkan sifat-sifat orang yang beriman. Setiap mereka selesai dari satu amalan, hati mereka merasa cemas apakah amalan mereka diterima disisi Allah atau tidak. Mereka khawatir amalan mereka kelak tidak bisa memberikan manfaat bagi pemiliknya disisi Allah Ta’ala. Kekhawatiran ini disebabkan mereka yakin akan menghadap kepada Allah.1

Setelah mereka melakukan amalan shalih, mereka bersegera melaksanakan amalan yang berikutnya agar bisa memperoleh derajat yang paling tinggi di sisi Allah. Mereka adalah orang-orang yang memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Terus berlomba dalam beramal kebaikan.2

Beramal Kebaikan Tidak Dibatasi Oleh Waktu

Sudah sepantasnya bagi kita untuk terus bersegera dalam melakukan amalan kebaikan. Semangat ibadah terus ditingkatkan. Rabb yang kita ibadahi terus membuka kesempatan bagi hamba-hambaNya untuk beramal kebaikan, bukan hanya di bulan Ramadhan tapi di sepanjang kehidupan kita di dunia ini. Allah Ta’ala berfirman:

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ

“Apabila engkau telah selesai dari suatu amalan maka bersegeralah melakukan amalan berikutnya”. (Asy-Syarh: 7)

AHM-ALF


1 Tafsir Al-Bagowiy

2Al Jami’ li Ahkaamil quraan (Tafsir Al-Qurtubiy)

join chanel telegram islamhariini 2

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait