Aqidah Tauhid Adalah Ilmu Yang Membahas Tentang Perkara

oleh

Aqidah Tauhid Adalah Ilmu Yang Membahas Tentang Perkara yang berkaitan dengan Pencipta segala Makhluk. Yaitu semua pembahasan tentang:

  1. Bagaimana Mentauhidkan Allah dalam Perbuatan Allah Ta’ala yang telah Allah kabarkan di dalam Al Qur’an dan melalui lisan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam
  2. Bagaimana bentuk kesyirikan dalam pembahasan ini.
  3. Bagaimana Mentauhidkan Allah dalam perbuatan hamba-Nya, yakni dengan mentauhidkan-Nya dalam segala jenis ibadah.
  4. Apa saja bentuk-bentuk kesyirikan dalam perkara ibadah.
  5. Bagaimana  Mentauhidkan Allah dalam Nama-nama dan Sifat-sifat-nya yang telah Allah kabarkan di dalam Al Qur’an dan melalui lisan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  6. Bagaimana bentuk penyimpangan yang telah terjadi dalam pambahasan Nama-nama dan Sifat-sifat-nya Allah.

Tidak pantas bagi seorang hamba meremehkannya hal ini. Karena ilmu ini merupakan dasar atau pokok dari syariat Islam yang paling agung dan hakikat Islam yang paling besar yang terdapat di dalam Al Qur’an dan Hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang shahih.

Kata kunci: ilmu tauhid menurut para ulama, ilmu tauhid secara etimologi dan terminologi, ilmu tauhid hakiki, ilmu tauhid kaskus, ilmu tauhid rukun iman, buku pengantar ilmu tauhid pdf.

Kenapa kita harus belajar Ilmu Tauhid ?

Ketika Ilmu tauhid yang merupakan ilmu yang yang paling tinggi karena membahas tentang Pencipta Makhluk, pantaskah jika kita bersungguh-sungguh mempelajari ilmu tentang makhluk dengan menyepelekan ilmu tentang Pencipta makhluk seperti ilmu tauhid? Sungguh ini suatu bentuk kerendahan dan kehinaan diri kita. 

Akankah kita biarkan diri kita berada dalam kerendahan dan kehinaan seperti itu?

Pembaca islamhariini.com yang semoga kita dirahmati oleh Allah, ilmu tauhid merupakan landasan terpenting dalam agama para rasul dan poros utama dakwah mereka.

Allah Ta’ala telah berfirman :

 

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ

 

Sesungguhnya Kami telah mengutus seorang rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Beribadahlah kepada Allah (saja) dan jauhilah Thaghut (segala sesuatu yang diibadahi selain Allah dalam keadaan dia ridho)” (An-Nahl : 36)

Dengan itu, tentu pembaca sudah mendapat gambaran apa pembahasan yang terdapat dalam pelajaran ilmu tauhid dan kenapa kita harus mempelajari ilmu tauhid.

Jadi, Aqidah Tauhid Adalah Ilmu Yang Membahas Tentang Perkara yang paling penting dari semua perkara yang penting. Selengkapnya lihat pada artikel: Penjelasan dan Penerapan Ilmu Tauhid yang Benar